Dinas Perhubungan Haltim lakukan Uji Kendaraan Keliling

Dinas Perhubungan Haltim lakukan Uji Kendaraan Keliling

Perhubungan.haltimkab.go.id – Dinas Perhubungan Haltim lakukan Uji Kendaraan bermotor (KIR) keliling, di wilayah Kecamatan Wasile menggunakan mobil uji milik kementrian perhubungan, Kamis (18/08/2022).

Kepala Seksi Transportasi Maluku Utara, Ari Prabowo dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi langkah pemda haltim. Mengingat Halmahera Timur adalah salah satu kabupaten yang mampu serta memenuhi syarat untuk melakukan pengujian berkala dengan menggunakan mobil uji keliling.

“setelah mobil ini ada, saya tawarkan ke kabupaten/kota di maluku utara untuk saya pinjam pakaikan secara gratis, namun setelah berbulan-bulan, tidak ada yang mampu memenuhi syarat SDM (Sumber Daya Manusia) maupun operasional, kini hanya kabupaten Haltim yang mampu melakukan pengujian kendaraan bermotor keliling, ini luar biasa” paparnya.

Ari berharap, dengan adanya kehadiran mobil uji keliling yang dimotori oleh Dinas Perhubungan Haltim ini, dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh pengguna jasa angkutan.

“sebab untuk tahun ini kita masih sosialisasi, jangan sampai sudah penindakan, yang rugi tentunya para sopir kalau tidak melakukan pengujian kendaraan“ jelasnya.

Ari juga menjelaskan kementrian perhubungan sudah memberlakukan kartu KIR elektronik sehingga untuk pengujian kendaraan secara manual yang menggunakan buku sudah tidak berlaku lagi.

“Dulu menggunakan buku, sekarang menggunakan smart card, sehingga data kendaraan terkafer langsung oleh pusat, jadi kalau yang belum melakukan uji atau yang lama-lama itu sudah tidak berlaku lagi” sambungnya.

Sementara, kepala dinas perhubungan haltim, Dwi Cahyo dalam sambutannya mengatakan untuk menghadirkan fasilitas uji kendaraan di haltim butuh perjuangan besar, karena pemda selain menghadirkan mobil uji di wilayah wasile, saat ini juga telah dibangun gedung dan mesin uji secara permanen yang berlokasi di kota maba.

“ Selain mobil keliling yang dipinjamkan ini, kita juga sudah punya alat uji yang dipasang di kota maba secara permanen, bahkan sudah dilakukan kalibrasi oleh kementrian dan kami juga sudah menyampaikan permohonan akreditasi ke kementrian,” ujar dwi.

“saya minta kepada pihak balai agar mobil uji ini kita pakai sampai akhir 2022, untuk melayani pengujian di wilayah wasile, dan kita berharap agar akreditasi juga cepat agar mobil yang ada di wilayah maba bisa langsung diuji dikantor pengujian Maba, ini semua untuk memudahkan masyrakat tentunya” sambung dwi.

 Sementara untuk kartu lulus uji yang tersedia, katanya hanya tersedia sebanyak, 2.200 kartu, sehingga dia meminta agar pengguna kendaraan menyampaikan info ini kepada para pemilik angkutan lain, sehingga dapat diprioritaskan.

“jangan sampai dari kabupaten lain datang disini tidak terlayani, untuk itu tolong disampaikan agar segera melakukan pengujian dengan fasilitas mobil uji keliling yang sudah kita datangkan ini” tutupnya.

Kegiatan launching pengujian kendaraan yang dilaksanakan di desa Akedaga tersebut, dihadiri sejumlah pimpinan forkompimcam, pemdes setempat, dan ratusan pemilik kendaraan. Keegiatan kemudian dilanjutkan dengan pengujian kendaraan perdana yang disaksikan oleh Kadishub Haltim dan juga Kasi Transportasi Balai Wilayah Malut.
Author : Admin